Subscribe:

Ads 468x60px

Kamis, 26 Mei 2011

STORY TELLING CONTEST FOR SMP MUHI ANNIVESARY

Dalam rangka ulang tahun atau milad smp muhammadiyah 1 yogyakarta yang ke -76 panitia mengadakan bermacam-macam lomba untuk siswa. salah satunya adalah: 

Story-Telling Contest

Apa itu story-telling? Jadi kontes bercerita sebuah cerita atau dongeng dalam Bahasa Inggris. Tidak hanya kelancaran bercerita dan cuap-cuap dalam bahasa Inggris, mereka juga dinilai dari penampilan, alat bantu bercerita, ekspresi dan komunikasi dengan pendengar. Seru juga lho! Selain karena tiap orang punya gaya masing-masing dalam bercerita, mereka juga saya nilai sangat baik berbicara dalam English, ya at least mereka cukup percaya diri di umurmu yang masih muda.
 Teknis Perlombaan

I.    Peserta menampilkan suatu cerita dalam bentuk self-perfomance dengan durasi 7-10 menit tanpa teks.


II.    Peserta disarankan menggunakan property berupa Kostum yang pantas, alat peraga maupun sarana pendukung lainnya.

III. Perlombaan dibagi menjadi 2 babak, yaitu babak penyisihan dan babak final, sebanyak 6 peserta terbaik dari babak penyisihan akan maju ke babak final untuk memperebutkan juara I,II dan III.

V.    Naskah cerita, baik untuk babak penyisihan maupun final diserahkan kepada panitia pada saat technical meeting tanggal 1juni 2011.

VI.    Cerita yang ditampilkan dalam babak penyisihan disediakan oleh panitia. Peserta dapat memilih satu dari 5 cerita yang disediakan. Cerita yang disediakan merupakan kerangka garis besar yang harus dimodifikasi sesuai dengan kreativitas masing masing peserta. Peserta diperbolehkan menggganti judul cerita namun inti cerita tidak boleh menyimpang terlalu jauh dari cerita pilihan. Pilihan cerita dapat dilihat di bagian lampiran.

VII.    Cerita yang ditampilkan di babak final disiapkan sendiri oleh peserta. Cerita dapat berupa saduran cerita lain, legenda rakyat, karangan sendiri maupun kisah nyata. Cerita tersebut harus mengandung salah satu dari 5 tema yang disediakan panitia, yaitu: -perseverance / friendship / unity in diversity / humanism / justice.

VIII.    Cerita yang ditampilkan dalam babak final TIDAK BOLEH SAMA dengan babak penyisihan.

IX.    Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.

X.    Dalam penampilannya, peserta diberi tanda waktu berupa bel yang mempunyai arti :

a)    satu kali bel    : mulai
b)    dua kali bel    : 7 menit
c)    tiga kali bel     : waktu kurang dari 1 menit
d)    bel berkali-kali    : waktu habis

•     penilaian perlombaan
hal hal yang dinilai dalam perlombaan dan bobot nilainya adalah sebagai berikut :
a)    Performance    : 40
b)    Pronunciation    : 25
c)    Story        : 15
d)    Grammar            : 15
e)    Time        : 5




•    Pilihan Cerita Babak Penyisihan

•    Legenda Roro Jonggrang
Seorang putri yang dikutuk menjadi patung setelah berbuat curang pada bandung bandawasa yang merupakan calon suaminya yang sedang membuat 1000 buah candi untukknya sebagai syarat pernikahan.

•    Malin Kundang
Seorang anak yang dikutuk menjadi batu setelah durhaka terhadap ibunya dan tidak mau mengakui ibunya sendiri.

•    Cinderella
Seorang gadis cantik sederhana yang bertemu dengan pangeran tampan baik hati yang menjadi pujaan hati nya setelah setiap hari dijahati oleh ibu tirinya dan saudara tirimya.

•    Sleeping Beauty
Putri yang diracun oleh ibu tirinya sehingga ia tertidur bertahun-tahun karena ibu tirinya iri akan kecantikkan putri tersebut, akhirnya ia menemukan pangeran yang mencintainya dan membangunkannya dari tidur panjangnya.

•    Jack and The Magic Bean
Jack seorang anak yatim miskin yang menemukan kacang ajaib yang dapat tumbuh menjalar hingga ke langit dan membawanya ke istana raksasa yang mempunyai angsa bertelur emas. Perbuatannya mencuri satu dari telur-telur tersebut membuat raksasa marah dan mengejarnya.

Untuk siswa yang kurang jelas bisa menghubungi panitia lomba atau Mrs. Lilis Suryani, S.Pd or Mrs. Feri Widayanti.
berikut adalah contoh story telling yang dapat siswa download sebagai acuan atau gambaran pelaksanaan lomba.
story telling by student of smp 5 yk



---panitia lomba smp muhammadiyah 1 yogyakarta----

0 komentar:

Posting Komentar